kunci immobilizer

Duplikat kunci immobilizer; Kunci immobilizer jadi salah satu fitur keamanan pada mobil dan motor modern. Dengan ini, mesin mobil hanya bisa menyala dengan kunci yang sudah memiliki chip yang programnya sudah dikenali oleh ECU.

duplikat kunci immobilizer

Saat membeli mobil atau motor yang telah memiliki fitur ini akan diberi dua kunci. Satu kunci sebagai kunci master yang bisa digunakan untuk menduplikasi kunci.

Salah satu sepeda motor yang telah menggunakan fitur ini adalah Vespa Sprint. Pemiliknya punya dua kunci, kunci biru dan cokelat. Kunci yang berwarna cokelat (master) ini berfungsi sebagai pereset apabila ingin menduplikasi.

Nah, cara paling aman untuk menduplikasi kunci immobilizer adalah datang langsung ke bengkel resmi dan jangan lupa membawa kunci master.

“Pihak bengkel nanti akan memberikan kunci dengan chip dan pelanggan tinggal pergi ke tukang kunci untuk menyamakan ulirnya. Soalnya kami tidak punya mesin ulir kunci. Setelah cocok nanti chipnya akan kami program ulang menggunakan kunci master,” tutur Mega dari Meta Dwiguna Transcorp Pemuda kepada Liputan6.com, Sabtu (7/1/2017).

kunci immobilizer

Duplikat kunci juga hanya bisa dilakukan sebanyak tiga kali. Sementara bila kunci master hilang, Anda harus melakukan penggantian ECU. Adapun ongkos menduplikasi kunci immobilizer Vespa Sprint sebesar Rp 300 ribu.

Sementara itu, menurut pemilik bengkel AGSMATIK, Agus Mustafa, untuk mobil Toyota memiliki empat slot untuk duplikat kunci immobilizer. Sama seperti mobil, bila kunci master hilang, pemilik mobil harus melakukan penggantian ECU.

“Kalau kunci master masih ada, bisa digandakan, kalau hilang baru harus beli kunci set dan ECU,” turut Agus. (http://otomotif.liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *